Jenis - Jenis Aset - ASSET MANAGEMENT

Kamis, 29 November 2018

Jenis - Jenis Aset


Jenis - Jenis Aset

      Terdapat beberapa jenis-jenis aset yang diklasifikasikan berdasarkan beberapa aspek, diantaranya jenis aset berdasarkan sifat wujudnya dan tujuan penggunaanya.

A. Jenis Aset Berdasarkan Sifat Wujudnya

 Aset berwujud

     Aset berwujud (tangible assets) adalah kekayaan yang dapat dimanifestasikaan secara fisik dengan menggunakan panca indera (Sugiama, 2013). Contoh dari aset berwujud yaitu: rumah, gedung, jalan raya, dan lain sebagainya.

Hasil gambar untuk gedung
contoh aset berwujud ( waskita.co.id )

Aset tidak berwujud

     Aset tidak berwujud (intangible assets) adalah kekayaan yang manifestasinya tidak berwujud secara fisik yakni tidak dapat disentuh, dilihat, atau tidak bisa diukur secara fisik, namun dapat diidentifikasi sebagai kekayaan secara terpisah, dan kekayaan ini memberikan manfaat serta memiliki nilai tertentu secara ekonomi sebagai hasil dari proses usaha atau melalui waktu (Sugiama, 2013).
     Contoh dari aset tidak berwujud yaitu : hak merek dagang, hak cipta atau copyright atas sebuah karya, nama baik sebuah organisasi/perusahaan atau goodwill, hak paten, hak atas usaha waralaba atau franchise.

Contoh aset tidak berwujud ( andrykurniawan, 2017 )

B. Jenis Aset Berdasarkan Tujuan Penggunaannya

Komersial

Aset untuk tujuan komersial yaitu aset yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya yaitu : mall, apartement, kondominium, dan lain-lain.

Contoh Aset Komersial ( www.wisatania.com )
Non Komersial


Aset untuk tujuan non-komersial yaitu aset yang tidak memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan. Contohnya yaitu : jalan, jembatan, waduk, dan lain-lain.

Contoh Aset Non Komersial ( infobandung.co.id )

Tidak ada komentar:

@way2themes