Manajemen Aset - ASSET MANAGEMENT

Kamis, 29 November 2018

Manajemen Aset

Manajemen Aset 

Hasil gambar untuk aset

Definisi Aset dan Manajemen Aset 

A. Definisi Aset Menurut Para Ahli :

     Pengertian aset secara etimologi berasal dari kata bahasa Inggris yang diterjemahkan dalam kata Asset. Secara etimologi asset didefinisikan adalah barang (thing) atau sesuatu barang (anything) yang memiliki suatu nilai (economic value), nilai komersial (comercial value), atau nilai tukar (excange value) yang dimiliki oleh instansi, organisasi, badan usaha, individu ataupun perorangan (Hidayat, 2011:4).

     Selain pengertian aset diatas, juga terdapat beberapa pengertian aset yang dicetuskan oleh beberapa para ahli baik melalui teori-teori, gagasan, pendapat, aturan atau undang - undang dan juga baik berupa asumsi. Adapun pengertian aset menurut para ahli adalah sebagai berikut.

Pengertian Aset Menurut Munawir

     Aset adalah sarana atau sumber daya yang memiliki nilai ekonomi yang mampu menunjang perusahaan dalam harga perolehnnya atau nilai wajarnya harus diukur secara objektif. (Munawir, 2007:30)

Pengertian Aset Menurut Hidayat

     Aset adalah barang yang dalam pengertian hukum disebut sebagai suatu benda, yang terdiri atas benda abergerak dan juga benda tidak bergerak, baik yang berwujud (tangible) maupun yang tidak berwujud (intangible). Keseluruhan dari hal tersebut mencakup dalam aktiva atau aset atau harta aset dari suatu instansi, organisasi, badan usaha ataupun dari individu perorangan. (Hidayat, 2011:4)


Pengertian Aset Menurut Siregar

     Aset secara umum adalah barang (thing) atau sesuatu barang (anything) yang memiliki nilai guna atau ekonomi (economic value), nila komersial (commercial value) atau nilai tukar (exchange value) yang dimiliki oleh suatu badan usaha, instansi atau perorangan. (Siregar, 2004:178) 


B. Definisi Manajemen Aset Menurut Para Ahli : 

Menurut Dr. A. Gima Sugiama 

      Manajemen Aset adalah ilmu dan seni untuk memandu pengelolaan kekayaan yang mencakup proses merencanakan kebutuhan aset, mendapatkan, menginventarisasi, melakukan legal audit, menilai, mengoperasikan, memelihara, membaharukan atau menghapuskan hingga mengalihkan aset secara efektif dan efisien. Efektif adalah pencapaian hasil yang sesuai dengan tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan sebelumnya.  Sedangkan, efisien adalah Memakai atau menggunakan sumber daya serendah mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (Sugiama, 2013:15 )

Menurut Hastings 

     Manajemen aset adalah serangkaian kegiatan yang terkait dengan (1) mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan aset, (2) mengidentifikasi kebutuhan dana, (3) memperoleh aset, (4) menyediakan sistem dukungan logistik dan pemeliharaan untuk aset, (5) menghapus atau memperbaharui aset sehingga secara efektif dan efisien dapat memenuhi tujuanya. (Hastings, 2010)

Menurut Siregar 

     “Manajemen Aset merupakan salah satu profesi atau keahlian yang belum sepenuhnya berkembang dan populer di lingkungan pemerintahan maupun di satuan kerja atau instansi”. (Siregar, 2004)





REFERENSI :


      Hastings, Nicholas A. J. 2010. Physical Asset Management. Springer.London.

      Hidayat, Muchtar. 2011. Manajemen Aset(privat dan publik). Yogyakarta:LaksBang.

Munawir, Slamet. 2007. Alanisa Laporan Keuangan. Edisi Keempat, Yogyakarta:Liberty.

Siregar, Doli, D, 2004, Manajemen Aset Strategi Penataan Konsep Pembangunan Berkelanjutan secara Nasional dalam konteks Kepala Daerah sebagai CEO's pada Era Globalisasi dan Otonomi Daerah, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
      
      Sugiama, A Gima. 2013. Manajemen Aset Pariwisata.Bandung: Guardaya Intimarta.

Careers, 365. https://www.youtube.com/watch?v=5ZApdgpkr4U. Di akses pada 9 Desember 2018.





Tidak ada komentar:

@way2themes